FAQ

Frequently Asked Question

Pertanyaan Umum

 Kapan harus pakai Canberra Diaper Cover?  Apakah ada lampinnya?

Celana plastik memang dari luar mirip penampakannya dengan yang suka disebut popok sistem  lampin itu. Bedanya di dalamnya tidak ada perekat untuk merekatkan lampin. Celana plastik biasanya digunakan bagi pemakai popok kain yang tidak anti air, misalnya popok tetra (muslin square).

Apa bedanya AIO Canberra dengan AIO Nice Kids

AIO Canberra terbuat dari bahan dalam baby terry (handuk lembut). AIO Nice kids terbuat dari bahan dalam kaos lembut.  Lapisan serapan pada AIO Canberra lebih tebal daripada Nice Kids. Walaupun demikian, Nice Kids memiliki keunggulan yaitu ukuran yang all size, sedangkan AIO Canberra ada ukuran S – XL.

AIO Nice Kids didesain hanya untuk menampung 1-2 kali pipis, memang bukan untuk disamakan dengan kualitas serapan popok sekali pakai. Adapun AIO Canberra bisa menahan lebih lama (walaupun tetap bukan untuk menandingi pospak).  

Kalau begitu jika pakai AIO Canberra harus sering ganti ukuran dong?

Tidak sepenuhnya begitu. Seperti halnya popok sekali pakai, AIO Canberra juga memiliki rentang berat bayi yang tumpang tindih antara ukuran satu dengan ukuran lainnya. Misalnya ukuran S untuk 3-8 kg, ukuran M untuk 5-10 kg, ukuran L untuk 8-12 kg. Perekatnya yang panjang juga memungkinkan ukuran S digunakan oleh bayi 8 kg – walaupun tentunya lebih nyaman menggunakan ukuran yang disarankan-.

Mana yang paling cocok untuk newborn?

Karena newborn frekuensi pipis dan pupnya sangat sering, lebih disarankan mempunyai stok popok ikat biasa, misalnya Popok Serapan Nice Kids, walaupun Pocket Diaper Baby Land dan Enphiliapocket(dan jenis popok lainnya yang tersedia di rumahpopok)  juga bisa digunakan bayi baru lahir. Pertimbangannya sebenarnya hanya masalah ekonomis. Bayi baru lahir memiliki kulit yang tipis dan sensitif sehingga lebih disarankan untuk sering ganti, dengan kata lain minimal punya stok popok 2 lusin. Menyediakan popok serap 2 lusin tentu lebih ekonomis daripada Baby Land (misalnya) sebanyak 2 lusin bukan?  Bayi baru lahir juga tidak banyak bergerak dan belum bisa berguling sehingga sebenarnya tidak perlu menggunakan popok dengan spesifikasi sekelas pocket diaper. Kecualii… kalo ayahbunda mencukupi anggarannya dan merasa ribet untuk bolak balik beli beberapa jenis popok yang berbeda. Kalau begitu kondisinya sih… lebih baik beli Baby Land 2 lusin dehh…:D

Lebih Enak mana Baby Land dan EnphiliaPocket? Apa bedanya?

Baby Land memiliki bahan dalam berupa fleece yang tipis dan lembut, dan bahan luar berupa PUL (Polyurethane Laminate), yaitu bahan kain yang dilaminasi sedemikian rupa sehingga anti air (waterproof), dijual 1 paket dengan sebuah insert berupa bahan mikrofiber tipis 2 lapis. Baby Land memiliki beberapa setelan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kancing tekan (snap)

EnphiliaPocket memiliki bahan dalam berupa fleece yang lebih tebal, dan bahan luar juga berupa fleece. Dijual tidak dengan insertnya. Enphilia tidak menggunakan kancing snap, melainkan prepet (velcro). Jika pada Baby Land, lingkar paha disesuaikan dengan snap, maka untuk bayi kecil, ukuran Enphilia disesuaikan dengan melipat bagian depan popok, dan menggunakan prepet di bagian sayap depan (crossover tab/Velcro).  Tanpa insert, Enphilia sedikit lebih tebal daripada Baby Land.

Kalau masalah enak ngga enaknya, SAMA ENAKNYA:D

Rumahpopok memutuskan menjual Baby Land karena adanya minat yang cukup besar terhadap popok dengan bahan PUL (makanya terpaksa impor nehhh, padahal sbenernya pengen jual yang lokal aja:D). Bahan luar fleece pada popok EnphiliaPocket bukan merupakan lapisan water proof, tetapi water repellent : sifatnya mencegah popok cepat tembus.

Disclaimer: Perhatian! Popok secanggih apapun tidak akan mencegah dari tembus! Kalau orangtuanya pemalas dan popoknya jenuh, tetep aja akan tembusss (kalau popoknya waterproof maka tembusnya rembes ke samping)

Apa bedanya insert microfiber terry dengan insert terry biasa?

Mikrofiber memiliki serat lebih kecil dan lebih rapat sehingga daya serapnya jauh lebih tinggi dari bahan handuk biasa. Di luar sana, microfiber biasa digunakan untuk lap mobil dan lap lap lainnya karena dayanya yang besar untuk menarik kotoran. Insert teri microfiber, yang biasanya 3 lapis, tentu lebih efektif penyerapannya dari inset teri biasa yang 3 lapis juga. Konsekuensinya, harganya juga jauh lebih mahal duong:D

Tapiii bukan berarti insert teri biasa tidak efektif lho ya. Rumahpopok menjual insert lembaran yang jika dilipat maka akan menjadi 6 lapis, dan ini sudah sangat efektif untuk menyerap pipis dalam waktu yag relatif lama. Harganya lebih murah. Konsekuensinya, popoknya akan terlihat lebih gendut. Tapi untuk beberapa orang, popok gendut pada bayi justru bikin tambah menggemaskan ;p

Bagaimana cara terbaik mencuci popok?

Masing masing jenis popok memiliki teknik tersendiri untuk merawatnya. Kalau memiliki popok berbagai jenis, tentu akan memusingkan karena harus memperlakukan popok dengan cara yang berbeda. Kalau tidak mau pusing, rumus umumnya singkat aja: jauhkan setrika langsung, air panas, pemutih, dan pelembut. Kalau tidak terpaksa, jangan terlalu sering mengucek dan menyikat (ini sih sebenarnya rumus memperlama umur pakaian secara umum yaa). Rumus khususnya (yang sangat panjang penjelasannya), akan dijelaskan pada artikel tersendiri yaaa.

Walaupun tekniknya sangat beragam, pretreatmentnya sebenarnya sama aja untuk semua: kalau kena pup, buang dulu pupnya, paling efektif dibantu dengan toilet sprayer a.k.a semprotan wc.

19 thoughts on “FAQ

  1. Pingback: Tentang Rumahpopok « Rumah Popok

  2. saya mau tau dong..saya punya dua anak yg masih pake popok klo tidur..anak pertama saya 2 thn 10 bulan dan yg kedua 4 bulan dgn berat 8,5 kilo….selama ini saya pake mamipoko….setelah baca di rumah popok ada popok yg bisa di cuci…saya tertarik mau coba. sebaiknya saya pake yg mana ya…Tq atas infonya

  3. Hi RumahPopok,

    Mau nanya, kalo untuk newborn, saya kan uda beli kain tetra/muslin squarenya (uda nyetok).
    Namun dr yg saya baca di artikel ini, bhw diluarnya masi perlu diaper cover spy ga tembus ke luar.
    Jd untuk newborn itu cocoknya pake apa ya luarannya? Jenis yg mana? Kan masi kecil banget loh newborn itu? Mhn sarannya ya…
    Trims.

      • Ok thanks, bisa dijelasin ga Cranberra Diaper Cover itu bahannya apa luarnya trus bag. dalemnya apa? Waterproof-kah? Trus itu bikin gatel, ruam paha newborn ga kalo kena pee?
        Sehari perlu ganti cover itu berapa kali ya kalo untuk newborn baby (let say kalo malam pake dispo ). Aku tunggu lg yah sarannya.

  4. mba, rumah popok ada dmana y lokasinya? saya bisa lihat langsung gak produknya…mo megang langsung gitu hehehe kbtulan anak sy baru 3bln,drpd beli pampers mahal.

  5. Aku juga tertarik dengan produk2nya. Sama seperti pertanyaan Putri di atas, please email lokasinya kalau aku mau melihat langsung ya… Bisa COD? Thanks.

  6. saya punya anak kembar umur 1.6 thn. cocoknya pake yg mana yah?
    boros bgt ni pempesnya. mohon bantuannya

  7. Mbak..aku tertarik buat beli clodi..bisa minta alamatnya nggak?biar bs megang langsung barangnya..kmrin survey ke itc ternyata jarang sekali yg jual..ternyata bisanya cm belanja online..kalo ternyata dekat t4nya aku rncana mo dtg lgsung aja..thx ya,mbak.

  8. apakah popok ini tidak menimbulkan ruam pada bayi? apakah popok ini mengandung bahan yang berbahaya untuk kulit dan alat kelamin bayi/

    • supplier material kami sudah mendapat sertifikasi OEKOTEX, yang dijadikan rujukan SNI di Indonesia utk pakaian bayi. Ruam itu tidak hanya disebabkan dari bahannya, tapi jika terpapar urine terlalu lama, mau pake popok sekali pakai atau kain, tetep aja akan ruam. Jadi tetep harus rajin ganti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s